Beranda / Rekomendasi Terbit / Survei Kepuasan Masyarakat Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2025

Rancangan Kegiatan Statistik

Judul Survei Kepuasan Masyarakat Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2025
Cara Pengumpulan Data Survei
Instansi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau
Tanggal Terbit 15 Mei 2025
Identitas Rekomendasi V-25.2100.026
Judul Kegiatan :
Survei Kepuasan Masyarakat Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau
Tahun:
2025
Cara Pengumpulan Data:
Survei
I. Penyelenggara
1.1. Instansi Penyelenggara:
Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau
1.2. Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara:
Gedung Graha Kepri | Jl. Raja Isa No. , Batam Centre Kode Pos 29464 No. Telp: 0778-460014
Telepon:
Sekretaris: 0813-7262-0020 (Anjar Wijay, S.H, M.H | JF. Prakom: 0813-7267-5772 (Robin Saor, S. Kom, M.Si)
Faksmile:
0778-460014
Email:
sekre.dispendakepri@gmail.com
II. Penanggung Jawab
2.2. Penanggung Jawab Teknis (setingkat Eselon 3):
Nama:
Harianto, S.T., M.Si
Jabatan:
Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan
Alamat:
Jalan Garuda Raya No. 27 Batam Center, Batam
Telepon:
081364542084
Faksmile:
(0778)460014
Email:
kansakekey@gmail.com
III. Perencanaan dan Persiapan
3.1. Latar Belakang Kegiatan:

Dalam memberikan layanan kepada masyarakat pemerintah daerah perlu melakukan evaluasi diri secara periodik.  Karenanya untuk mengetahui sejauh mana dampak dari perbaikan tersebut dilakukan melalui survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Survei Kepuasan Masyarakat diharapkan dapat mengetahui informasi terkait dengan profil pengguna layanan, persepsi pengguna layanan, keluhan, dan saran perbaikan serta aspirasi pengguna layanan, yang tujuannya agar pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat yang notabene adalah wajib pajak untuk senantiasa taat terhadap kewajiban membayar pajak karena ada unsur kepuasan yang diperoleh saat melakukan menunaikan kewajiban, sehingga dengan demikian pendapatan daerah pada sisi pajak kendaraan setiap tahun dapat ditingkatkan.

 

3.2. Tujuan Kegiatan:

Tujuan dari Pekerjaan ini adalah mengetahui tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan, memberikan gambaran, masukan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Unit Pengelola Teknis Daerah Pengelolaaan Pendapatan Daerah pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau. 
 

3.3. Rencana Jadwal Kegiatan:
Kegiatan Tanggal Mulai Tanggal Selesai
A. Perencanaan/Persiapan
31 Juli 2025
29 Agustus 2025
B. Pelaksanaan Lapangan
02 September 2025
15 Oktober 2025
C. Pengolahan
16 Oktober 2025
10 November 2025
D. Analisis
11 November 2025
28 November 2025
E. Penyajian
01 Desember 2025
31 Desember 2025
3.4. Variabel yang Dikumpulkan:
Nama Variabel
Definisi
Referensi Waktu
Persyaratan Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh penerima layanan untuk mendapatkan pelayanan tertentu, baik teknis maupun administratif September - Oktober 2025
Prosedur Tata cara atau langkah-langkah yang harus diikuti oleh penerima layanan untuk mendapatkan pelayanan. September - Oktober 2025
Waktu Penyelesaian Jangka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pelayanan. September - Oktober 2025
Biaya/Tarif Ongkos atau tarif yang harus dibayar oleh penerima layanan untuk mendapatkan pelayanan September - Oktober 2025
Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan Informasi tentang hasil atau output dari pelayanan yang diberikan. September - Oktober 2025
Kompetensi Pelaksana Kemampuan dan keahlian petugas yang melayani masyarakat. September - Oktober 2025
Perilaku Pelaksana Sikap dan perilaku petugas dalam melayani masyarakat, termasuk keramahan, kesopanan, dan responsivitas. September - Oktober 2025
Sarana dan prasarana Ketersediaan aplikasi dan sistem yang mempermudah pelayanan September - Oktober 2025
Penanganan pengaduan, saran dan masukan Tata cara penanganan keluhan atau pengaduan dari masyarakat terkait pelayanan yang diberika September - Oktober 2025
Kelompok rentan kelompok masyarakat berisiko tinggi, karena berada dalam situasi dan kondisi yang kurang memiliki kemampuan memepersiapkan diri dalam menghadapi risiko bencana atau ancaman bencana. September - Oktober 2025
Disabilitas keterbatasan pada tubuh maupun pikiran (impairment) yang menyebabkan pengidapnya kesulitan atau mengalami keterbatasan dalam melakukan aktivitas (activity limitation) atau berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya (participation restrictions) September - Oktober 2025
Jenis Kelamin perbedaan biologis antara laki-laki dan perempuan. Perbedaaan biologis tersebut dapat dilihat dari alat kelamin serta perbedaan genetik. Informasi ini sesuai jenis kelamin pada dokumen KK/KTP yang dimiliki. Jika tidak terdapat menunjukkan dokumen KK/KTP, isikan jenis kelamin berdasarkan pengakuan penduduk. September - Oktober 2025
Kelompok usia kelompok orang berdasarkan umur September - Oktober 2025
Pendidikan tertinggi Pendidikan Tertinggi yang ditamatkan adalah tingkat pendidikan yang dicapai seseorang setelah mengikuti pelajaran pada kelas tertinggi sesuai tingkatan sekolah dengan mendapat tanda tamat sekolah (ijazah) September - Oktober 2025
Pekerjaan pekerjaan yang telah diselesaikan oleh pekerja dalam pekan dimana survei diselenggarakan, tanpa memperhatikan jenis industri atau status pekerja. Jenis Pekerjaan/Jabatan adalah macam pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang atau ditugaskan kepada seseorang yang sedang bekerja atau yang sementara tidak bekerja. September - Oktober 2025
Jenis layanan informasi layanan yang disediakan oleh instansi pelayanan publik yang berisi mengenai persyaratan, prosedur, waktu penyelesaian, biaya, dan pengaduan layanan. September - Oktober 2025
Jam menerima layanan waktu pengguna layanan memperoleh pelayanan dari pemberi layanan September - Oktober 2025
IV. Desain Kegiatan
4.1. Kegiatan Ini Dilakukan:
Berulang
4.2. Frekuensi Penyelenggaraan:
Semesteran
4.3. Tipe Pengumpulan Data:
Cross Sectional
4.4. Cakupan Wilayah Pengumpulan Data:
Sebagian Wilayah Indonesia
4.5. Wilayah Kegiatan:
Nama Provinsi
Kabupaten/Kota
4.6. Metode Pengumpulan Data:
  • Mengisi Kuesioner Sendiri
4.7. Sarana Pengumpulan Data:
  • Computer Aided Web Interviewing (CAWI)
V. Desain Sampel
5.1. Jenis Rancangan Sampel:
Single Stage
5.2. Metode Pemilihan Sampel Tahap Terakhir:
Sampel Nonprobabilitas
5.3. Metode Yang Digunakan:
Purposive Sampling
5.7. Unit Sampel:
Wajib pajak yang menerima layanan
5.8. Unit Observasi:
Wajib pajak yang menerima layanan
5.9. Jumlah Responden:
3500
VI. Pengumpulan Data
6.1. Apakah Melakukan Uji Coba (Pilot Study)?
Tidak
6.6. Metode Pemeriksaan Kualitas Pengumpulan Data:
  • Lainnya : Pemeriksaan kualitas data
VII. Pengolahan Dan Analisis
7.1. Tahapan Pengolahan Data:
Penyuntingan (Editing)
: Ya
Penyandian (Coding)
: Ya
Data Entry
: Ya
Penyahihan (Validasi)
: Ya
7.2. Metode Analisis:
Analisis Deskriptif
7.3. Unit Analisis:
  • Individu
  • Lainnya : Penerima Layanan
7.4. Tingkat Penyajian Hasil Analisis:
  • Provinsi
  • Lainnya : Unit layanan dan Penerima Layanan
VIII. Diseminasi Hasil
8.1. Produk Kegiatan yang Tersedia untuk Umum
Tercetak (Hardcopy)
: Ya
Digital (Softcopy)
: Ya
Data Mikro
: Tidak