Beranda / Rekomendasi Terbit / Kompilasi Data Pariwisata Kota Sukabumi Tahun 2025

Rancangan Kegiatan Statistik

Judul Kompilasi Data Pariwisata Kota Sukabumi Tahun 2025
Cara Pengumpulan Data Kompromin
Instansi Dinas Kepemudaan Olahraga dan pariwisata
Tanggal Terbit 14 Mei 2025
Judul Kegiatan :
Kompilasi Data Pariwisata Kota Sukabumi
Tahun:
2025
Cara Pengumpulan Data:
Kompromin
I. Penyelenggara
1.1. Instansi Penyelenggara:
Dinas Kepemudaan Olahraga dan pariwisata
1.2. Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara:
Jl. Veteran II No. 16 Kota Sukabumi
Telepon:
(0266) 238570
Faksmile:
-
Email:
parekrafdispora@gmail.com
II. Penanggung Jawab
2.2. Penanggung Jawab Teknis (setingkat Eselon 3):
Nama:
HARDI KUSUMAH, S.E.,M.M
Jabatan:
KEPALA BIDANG PARIWISATA
Alamat:
Jl. Veteran II No. 16 Kota Sukabumi
Telepon:
0266238570
Faksmile:
-
Email:
parekrafdispora@gmail.com
III. Perencanaan dan Persiapan
3.1. Latar Belakang Kegiatan:

Pariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian daerah, terutama bagi Kabupaten/Kota yang memiliki potensi wisata alam, budaya, atau buatan yang menarik. Keberhasilan pengelolaan destinasi pariwisata tidak hanya bergantung pada daya tarik wisata itu sendiri, tetapi juga pada sarana dan prasarana yang mendukung kelancaran operasional serta kenyamanan para wisatawan. Sarana dan prasarana pengelolaan destinasi pariwisata, seperti jalan, akses transportasi, tempat parkir, fasilitas umum, dan infrastruktur pendukung lainnya, memegang peranan krusial dalam menciptakan pengalaman yang positif bagi wisatawan.

 Dengan adanya data yang akurat mengenai kondisi sarana dan prasarana ini, pemerintah daerah dan pihak terkait dapat merumuskan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan destinasi pariwisata serta mendorong perkembangan sektor pariwisata yang berkelanjutan.

3.2. Tujuan Kegiatan:

Terwujudnya pemeliharaan destinasi pariwisata dan pengembangan peta wisata Kota Sukabumi

3.3. Rencana Jadwal Kegiatan:
Kegiatan Tanggal Mulai Tanggal Selesai
A. Perencanaan/Persiapan
14 Mei 2025
15 Juni 2025
B. Pelaksanaan Lapangan
02 Juli 2025
20 Agustus 2025
C. Pengolahan
25 Agustus 2025
30 Agustus 2025
D. Analisis
08 September 2025
10 September 2025
E. Penyajian
10 September 2025
15 September 2025
3.4. Variabel yang Dikumpulkan:
Nama Variabel
Definisi
Referensi Waktu
Jumlah Hotel Usaha penyediaan akomodasi berupa kamar-kamar di dalam suatu bangunan, yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan minum, kegiatan hiburan dan/atau fasilitas lainnya secara harian dengan tujuan memeroleh keuntungan. Setahun yang lalu
Jumlah Objek Destinasi Wisata Segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan. Setahun yang lalu
Jumlah Wisatawan Orang yang melakukan perjalanan di luar lingkungan sehari-hari dengan lama perjalanan kurang dari 12 bulan dan bukan bertujuan untuk memperoleh penghasilan di tempat yang dikunjungi serta bukan merupakan kegiatan rutin. Setahun yang lalu
Jumlah Tenaga Kerja Pariwisata Banyaknya orang yang bekerja di sektor pariwisata. Setahun yang lalu
Jumlah Usaha Pariwisata Usaha yang menyediakan produk berupa barang dan/atau jasa untuk kebutuhan wisatawan dan penyelenggaraan pariwisata. Setahun yang lalu
IV. Desain Kegiatan
4.1. Kegiatan Ini Dilakukan:
Berulang
4.2. Frekuensi Penyelenggaraan:
Tahunan
4.3. Tipe Pengumpulan Data:
Longitudinal Cross Sectional
4.4. Cakupan Wilayah Pengumpulan Data:
Sebagian Wilayah Indonesia
4.5. Wilayah Kegiatan:
Nama Provinsi
Kabupaten/Kota
4.6. Metode Pengumpulan Data:
  • Pengamatan
  • Pengumpulan Data Sekunder
4.7. Sarana Pengumpulan Data:
  • Paper-assisted Personal Interviewing (PAPI)
VI. Pengumpulan Data
6.1. Apakah Melakukan Uji Coba (Pilot Study)?
Tidak
6.2. Petugas Pengumpulan Data:
Staf Instansi Penyelenggara Dan Mitra Atau Tenaga Kontrak
6.3. Persyaratan Pendidikan Terendah Petugas Pengumpulan Data:
Sma Atau Smk
6.4. Jumlah Petugas:
Supervisor/penyelia/pengawas
: 4 orang
Pengumpul data/enumerator
: 60 orang
6.5. Apakah Melakukan Pelatihan Petugas?
Ya
6.6. Metode Pemeriksaan Kualitas Pengumpulan Data:
  • Supervisi
VII. Pengolahan Dan Analisis
7.1. Tahapan Pengolahan Data:
Penyuntingan (Editing)
: Tidak
Penyandian (Coding)
: Tidak
Data Entry
: Ya
Penyahihan (Validasi)
: Ya
7.2. Metode Analisis:
Analisis Deskriptif
7.3. Unit Analisis:
  • Individu
  • Usaha Dan Perusahaan
7.4. Tingkat Penyajian Hasil Analisis:
  • Kabupaten Atau Kota
VIII. Diseminasi Hasil
8.1. Produk Kegiatan yang Tersedia untuk Umum
Tercetak (Hardcopy)
: Ya
Digital (Softcopy)
: Ya
Data Mikro
: Tidak