Beranda / Rekomendasi Terbit / Kompilasi Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Blitar Tahun 2025

Rancangan Kegiatan Statistik

Judul Kompilasi Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Blitar Tahun 2025
Cara Pengumpulan Data Kompromin
Instansi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Blitar
Tanggal Terbit 15 Mei 2025
Judul Kegiatan :
Kompilasi Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Blitar
Tahun:
2025
Cara Pengumpulan Data:
Kompromin
I. Penyelenggara
1.1. Instansi Penyelenggara:
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Blitar
1.2. Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara:
Jln. Cisadane No. 6, Bendo, Kepanjenkidul, Kota Blitar
Telepon:
082257017672
Faksmile:
-
Email:
bpbd@blitarkota.go.id
II. Penanggung Jawab
2.2. Penanggung Jawab Teknis (setingkat Eselon 3):
Nama:
GATOT WIDODO S.E.
Jabatan:
Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah
Alamat:
Jln. Veteran No. 75, Kepanjenkidul, Kota Blitar
Telepon:
082230404185
Faksmile:
-
Email:
gatotwidodo@gmail.com
III. Perencanaan dan Persiapan
3.1. Latar Belakang Kegiatan:

Pelayanan publik oleh aparatur Negara saat ini telah menjadi isu strategis, karena tingkat kualitas kinerja pelayanan publik akan menentukan baik buruknya pelayanan kepada masyarakat dan pada gilirannya akan menentukan citra dari aparatur negara. Berbagai keluhan masyarakat atas rendahnya kinerja pelayanan masyarakat yang diberikan oleh pemerintah sebaiknya segera direspon, sebagai dasar untuk membuat kebijakan dan perbaikan kinerja pelayanan publik di masa yang akan datang. Tidak dapat dipungkiri bahwa pelayanan publik yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan publik yang cenderung mengharapkan pelayanan prima dari berbagai aspek. Salah satu fenomena yang nampak adalah masih didapatinya berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui berbagai media.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan. Kegiatan SKM telah diamanatkan dalam Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 bahwa setiap Penyelenggara Pelayanan Publik berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara berkala (sekurang – kurangnya sekali dalam satu tahun) dengan menggunakan indikator kinerja berdasarkan standar pelayanan.
 

3.2. Tujuan Kegiatan:

Maksud dilakukannya Kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Blitar adalah untuk mengetahui penilaian kinerja unit pelayanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Blitar.
 

3.3. Rencana Jadwal Kegiatan:
Kegiatan Tanggal Mulai Tanggal Selesai
A. Perencanaan/Persiapan
30 Juli 2025
10 Oktober 2025
B. Pelaksanaan Lapangan
22 Oktober 2025
30 Oktober 2025
C. Pengolahan
31 Oktober 2025
15 November 2025
D. Analisis
16 November 2025
30 November 2025
E. Penyajian
01 Desember 2025
15 Desember 2025
3.4. Variabel yang Dikumpulkan:
Nama Variabel
Definisi
Referensi Waktu
Persyaratan Kesesuaianpersyaratanpelayanan denganjenis layanan 1 tahun berjalan
Sistem, mekanisme dan prosedur kemudahanprosedur pelayanan 1 tahun berjalan
Waktu pelayanan kecepatan waktupelayanan 1 tahun berjalan
Tarif atau Biaya Pelayanan kewajaran biaya 1 tahun berjalan
Produk spesifikasi jenis pelayanan kesesuaian produk 1 tahun berjalan
Kompetensi Pelaksana kompetensi petugas 1 tahun berjalan
Perilaku pelaksana perilaku petugas 1 tahun berjalan
Penanganan pengaduan, saran dan masukan penanganan pengaduan 1 tahun berjalan
Sarana dan prasarana kualitas sarpras 1 tahun berjalan
IV. Desain Kegiatan
4.1. Kegiatan Ini Dilakukan:
Berulang
4.2. Frekuensi Penyelenggaraan:
Tahunan
4.3. Tipe Pengumpulan Data:
Cross Sectional
4.4. Cakupan Wilayah Pengumpulan Data:
Sebagian Wilayah Indonesia
4.5. Wilayah Kegiatan:
Nama Provinsi
Kabupaten/Kota
4.6. Metode Pengumpulan Data:
  • Lainnya : Aplikasi E Sukma
4.7. Sarana Pengumpulan Data:
  • Lainnya : Aplikasi E Sukma
VI. Pengumpulan Data
6.1. Apakah Melakukan Uji Coba (Pilot Study)?
Tidak
6.6. Metode Pemeriksaan Kualitas Pengumpulan Data:
  • Task Force
VII. Pengolahan Dan Analisis
7.1. Tahapan Pengolahan Data:
Penyuntingan (Editing)
: Ya
Penyandian (Coding)
: Tidak
Data Entry
: Ya
Penyahihan (Validasi)
: Ya
7.2. Metode Analisis:
Analisis Deskriptif
7.3. Unit Analisis:
  • Lainnya : pengguna layanan BPBD Kota Blitar
7.4. Tingkat Penyajian Hasil Analisis:
  • Kabupaten Atau Kota
VIII. Diseminasi Hasil
8.1. Produk Kegiatan yang Tersedia untuk Umum
Tercetak (Hardcopy)
: Ya
Digital (Softcopy)
: Ya
Data Mikro
: Tidak