Rancangan Kegiatan Statistik
Judul | Kompilasi Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Blitar Tahun 2025 |
Cara Pengumpulan Data | Kompromin |
Instansi | Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Blitar |
Tanggal Terbit | 15 Mei 2025 |
Pelayanan publik oleh aparatur Negara saat ini telah menjadi isu strategis, karena tingkat kualitas kinerja pelayanan publik akan menentukan baik buruknya pelayanan kepada masyarakat dan pada gilirannya akan menentukan citra dari aparatur negara. Berbagai keluhan masyarakat atas rendahnya kinerja pelayanan masyarakat yang diberikan oleh pemerintah sebaiknya segera direspon, sebagai dasar untuk membuat kebijakan dan perbaikan kinerja pelayanan publik di masa yang akan datang. Tidak dapat dipungkiri bahwa pelayanan publik yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan publik yang cenderung mengharapkan pelayanan prima dari berbagai aspek. Salah satu fenomena yang nampak adalah masih didapatinya berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui berbagai media.
Salah satu upaya yang dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan. Kegiatan SKM telah diamanatkan dalam Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 bahwa setiap Penyelenggara Pelayanan Publik berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara berkala (sekurang – kurangnya sekali dalam satu tahun) dengan menggunakan indikator kinerja berdasarkan standar pelayanan.
Maksud dilakukannya Kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Blitar adalah untuk mengetahui penilaian kinerja unit pelayanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Blitar.
Kegiatan | Tanggal Mulai | Tanggal Selesai | |
---|---|---|---|
A. | Perencanaan/Persiapan |
30 Juli 2025
|
10 Oktober 2025
|
B. | Pelaksanaan Lapangan |
22 Oktober 2025
|
30 Oktober 2025
|
C. | Pengolahan |
31 Oktober 2025
|
15 November 2025
|
D. | Analisis |
16 November 2025
|
30 November 2025
|
E. | Penyajian |
01 Desember 2025
|
15 Desember 2025
|
Nama Variabel
|
Definisi
|
Referensi Waktu
|
---|---|---|
Persyaratan | Kesesuaianpersyaratanpelayanan denganjenis layanan | 1 tahun berjalan |
Sistem, mekanisme dan prosedur | kemudahanprosedur pelayanan | 1 tahun berjalan |
Waktu pelayanan | kecepatan waktupelayanan | 1 tahun berjalan |
Tarif atau Biaya Pelayanan | kewajaran biaya | 1 tahun berjalan |
Produk spesifikasi jenis pelayanan | kesesuaian produk | 1 tahun berjalan |
Kompetensi Pelaksana | kompetensi petugas | 1 tahun berjalan |
Perilaku pelaksana | perilaku petugas | 1 tahun berjalan |
Penanganan pengaduan, saran dan masukan | penanganan pengaduan | 1 tahun berjalan |
Sarana dan prasarana | kualitas sarpras | 1 tahun berjalan |
Nama Provinsi
|
Kabupaten/Kota
|
---|
- Lainnya : Aplikasi E Sukma
- Lainnya : Aplikasi E Sukma
- Task Force
- Lainnya : pengguna layanan BPBD Kota Blitar
- Kabupaten Atau Kota